Jumat, 08 Agustus 2014

Beasiswa Supersemar, 35 Thn Mengabdi

Beasiswa Supersemar dikenalkan pertama kalinya pada thn 1975. Dimana pada saat itu, Institut Tehnologi Bandung (ITB) terima 113 beasiswa dengan alokasi Rp 12. 500/mahasiswa/bln. Sedang Yayasan Supersemar sendiri didirikan pada tanggal 16 Mei 1974 oleh presiden ke-2 RI, Soeharto.
Maksud maksud didirikannya Yayasan Supersemar adalah untuk ikut menolong pemerintah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa lewat cara memberi Beasiswa Supersemar pada siswa atau mungkin mahasiswa memiliki bakat serta berprestasi tetapi kekurangan cost untuk menyelenggarakan studi. Tujuan Beasiswa Supersemar
Beasiswa Supersemar diberikan pada mahasiswa perguruan tinggi negeri serta swasta dan siswa SMA kejuruan negeri. Yayasan Supersemar juga berikan pertolongan pembinaan pada olahragawan berprestasi, beberapa pelatih, anak asuh sekolah basic serta dana riset untuk dosen, peneliti, mahasiswa pascasarjana.
Mengajukan permintaan beasiswa Supersemar mesti di sampaikan pada rektor perguruan tinggi atau mungkin kepala sekolah yang berkaitan. Kepala sekolah serta Pimpinan PTN/PTS yaitu pihak yang memiliki hak menyeleksi permintaan yang diserahkan calon penerima beasiswa sesuai sama kriteria yang sudah diputuskan pihak yayasan Supersemar.
Menurut salah seseorang penerima beasiswa Supersemar yang saat ini jadi wakil ketua Yayasan Supersemar, Prof. Dr. Nazaruddin Umar, sampai thn 2009 telah kian lebih satu juta orang yang terima beasiswa Supersemar dimulai dari mahasiswa, pelajar SMK, atlet serta pelatih dan beberapa sarjana. 35 Thn Mengabdi
Prof. Nazaruddin yang sekarang ini menjabat untuk Dirjen di Kemenag RI selanjutnya menguraikan jumlah detail dana yang sudah disalurkan lewat program beasiswa Supersemar. Menurut dia, mulai sejak didirikan hingga thn 2009, Yayasan Supersemar sudah memberi beasiswa pada kian lebih 440 ribu mahasiswa dengan tak kurang dari 277 miyar rupiah keseluruhan dana yang sudah digelindingkan.
Sedang atlet yang sudah terima beasiswa Supersemar sejumlah 12. 284 orang dengan keseluruhan dana yang disalurkan sebesar 7, 5 miliar rupiah lebih. Untuk pelajar SMK dana sejumlah 200 miliar lebih sudah diberikan pada 912. 314 orang siswa penerima beasiswa.
Semacam yang sudah dimaksud diatas, yayasan supersemar juga berikan pertolongan beasiswa riset untuk mahasiswa S2 serta S3. Sampai Februari 2009, beasiswa Supersemar di bidang ini sudah menelan biaya sejumlah Rp. 9. 039. 299. 692 untuk mendanai 6. 631 kandidat doktor serta master.
Selainnya pertolongan 35 miliar rupiah lebih sudah diberikan yayasan supersemar pada 494. 679 anak asuh lewat instansi Gerakan Nasional Orang Tua Asuh atau mungkin GN OTA. Hingga keseluruhan akumulasi dana yang sudah disalurkan lewat beasiswa supersemar yaitu sebesar Rp 551. 732. 504. 173. Dengan dana semegah itu hingga sekarang ini Yayasan Supersemar sudah mempunyai 1. 870. 077 orang alumni penerima beasiswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar