Selasa, 05 Agustus 2014

Beasiswa Bappenas, Beasiswa Untuk Pegawai Pemerintah

Tubuh Rencana Pembangunan Nasional (Bappenas) melaui Pusat Pembinaan, Pendidikan, serta Kursus Perencana (Pusbindiklatren) buka kembali peluang beasiswa pendidikan Strata 2 (S2) serta Strata 3 (S3) untuk thn biaya 2012. Beasiswa Bappenas ini ditujukan untuk staf perencana yang bekerja pada seluruhnya unit rencana, terhitung dinas tehnis pada pemerintah baik tingkat propinsi, kabupaten, ataupun kota.
Program ini diadakan dengan maksud menambah kompetensi beberapa staf perencana hingga dapat menambah kemampuan institusi tempatnya bekerja. Program beasiswa Bappenas untuk thn 2012 ini sudah resmi di buka seleksi pendaftarannya mulai sejak 5 Juli – 9 September 2011.
Peserta serta Prosedur Beasiswa Bappenas
Beasiswa Bappenas disiapkan spesial untuk pegawai rencana dalam pemerintahan dengan kriteria seperti berikut :
Calon peserta belum mempunyai gelar S2 untuk yang melamar beasiswa S2, serta belum mempunyai gelar S3 untuk yang melamar beasiswa S3.
Calon peserta yang diutamakan yaitu :
Petinggi fungsional perencana.
Perencana di lembaga rencana atau mungkin pegawai unit kerja yang mempunyai pekerjaan pokok serta manfaat di bagian perencanaan
Pegawai negeri sipil lain yang direncanakan bakal ditugaskan pada lembaga atau mungkin unit perencanaan
Calon peserta diusulkan dengan cara resmi oleh lembaga asal lewat petinggi pengelola kepegawaian atau mungkin atasan segera dengan jabatan minimum eselon II.
Adapun prosedur mengajukan beasiswa bappenas ini yaitu seperti berikut :
Isi formulir pendaftaran yang sudah disiapkan oleh Pusbindiklatren atau mungkin mengunduhnya di website resmi Pusbindiklatren dengan alamat http :// www. pusbindiklatren. bappenas. go. id.
Formulir pendaftaran dibubuhi materai serta di tandatangani dengan kesepakatan dari atasan segera dengan jabatan minimum eselon II.
Formulir pendaftaran dilengkapi dengan dokumen pendukunng berbentuk :
Salinan ijazah serta transkrip nilai S1 atau mungkin S2 yang dilegalisir ;
Salinan SK Pengangkatan PNS 100% pada kelompok III/a atau mungkin SK pengangkatan paling akhir yang dilegalisir ;
Surat pernyataan gagasan studi dalam wujud esai dengan format yang sudah disiapkan Pusbindiklatren.
Formulir beserta semua dokumen pendukung di kirim lewat pos serta ditujukan segera pada Kepala Pusbindiklatren dengan alamat Jalan Sunda Kelapa Nomer 9, Jakarta Pusat, Kode Pos 10310.
Calon peserta yang lulus seleksi administrasi, lulus tes potensi akademik (TPA), serta lulus tes TOEFL, penempatannya bakal diolah sepanjang dua thn atau mungkin sepanjang nilai TPA serta TOEFL yang dipunyainya masih berlaku serta diusulkan kembali oleh atasannya segera. Pilihan Program pada Beasiswa Bappenas
Beasiswa Bappenas sediakan sebagian pilihan program yang dapat diambil oleh peserta, yakni : 1.  Program S3 Dalam Negeri
Dalam program pendidikan S3 ini, peserta bisa pilih satu diantara program studi yang ada pada perguruan tinggi negeri (PTN) didalam negeri yang sudah mempunyai kerja sama juga dengan Pusbindiklatren. Peserta beroleh peluang saat sepanjang satu thn untuk melamar di perguruan tinggi itu. 2. Program S2 Dalam Negeri
Dalam program pendidikan S2 ini, peserta bisa pilih satu diantara program studi dari 18 program studi yang sudah ditetapkan pada 11 perguruan tinggi negeri yang direferensikan oleh Pusbindiklatren. 3. Program S2 Linkage
Dalam program S2 Linkage pada thn 2012 ini, sudah ada tujuh perguruan tinggi negeri yang bekerja bersama dengan perguruan tinggi diluar negeri. Sistem pendidikan dalam program ini berjalan sepanjang dua thn, yakni satu thn pertama dikerjakan didalam negeri serta satu thn selanjutnya diluar negeri.
Peserta program Linkage ini bakal memperoleh dua gelar. Terdapat banyak ketetapan yang perlu ditempuh peserta program ini, yakni :
Sebelum saat mengawali kuliah S2 Linkage, peserta memperoleh beasiswa persiapan bhs Inggris di pusat bhs pada perguruan tinggi negeri tempat program S2 Linkage ini dikerjakan. Persiapan ini ditujukan untuk peserta yang memiliki nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) minimum 450 untuk meraih nilai 550.
Persiapan ini berjalan sepanjang 5, 5 bln. Tetapi, bila dalam periode waktu itu peserta tidak bisa meraih nilai TOEFL semacam yang diinginkan, bakal diberikan peluang lagi hingga sepanjang ikuti thn pertama program S2 Linkage di Indonesia.
Jika peserta dinyatakan tak lulus seleksi ke luar negeri, maka peserta itu meneruskan thn ke-2 pendidikannya didalam negeri serta memperoleh satu gelar saja dari perguruan tinggi negeri itu.
Peserta yang dinyatakan tak lulus seleksi ke luar negeri namun mempunyai nilai TOEFL kian lebih 550, memiliki hak memperoleh cost hidup sepanjang periode waktu program studi yang di ambil, yakni untuk sepanjang 18 bln.
Peserta yang dinyatakan tak lulus seleksi ke luar negeri lantaran nilai TOEFL yang diraihnya kurang dari 550 terus memiliki hak memperoleh cost hidup tetapi cuma untuk sepanjang 13 bln. 4. Persiapan Bhs Inggris EAP (English for Academic Purposes)
Beasiswa EAP ini disiapkan untuk peserta program S2 diluar negeri yang mempunyai nilai TOEFL kian lebih 450 namun kurang dari 550. Program ini berjalan sepanjang 5, 5 bln. Jika peserta sudah mecapai nilai 550, baik sepanjang atau mungkin sesudah pelatihan, maka Pusbindiklatren bakal menolong peserta itu untuk memperoleh beasiswa S2 diluar negeri.
Dalam hal semacam ini, Pusbindiklatren memakai dana hibah luar negeri atau mungkin beasiswa dari pemerintah asing atau mungkin institusi internasional yang sudah ada untuk Indonesia, semacam Studeren in Nederland (STUNED) dari Belanda atau mungkin Australian Development Scholarships (ADS) dari Australia. Komponen Beasiswa Bappenas
Mekanisme pembiayaan beasiswa Bappenas untuk program S2 serta S3 dalam negeri terbagi dalam dua kelompok, yakni mekanisme pembiayaan berbarengan atau mungkin biaya berbagi jenis I serta IV. Pada mekanisme pembiayaan berbarengan jenis I, pembiayaan pendidikan dijamin berbarengan oleh Pusbindiklatren serta lembaga asal peserta atau mungkin pemerintah daerah asal peserta. Adapun pembagian komponen-komponen pembiayaan itu yaitu seperti berikut : 1. Komponen yang dibiayai oleh Pusbindiklatren :
Cost kuliah sesuai sama program studi
Tunjangan cost hidup luar kota Rp 1. 050. 000/bulan
Tunjangan cost hidup dalam kota Rp 525. 000/bulan
Buku utama Rp 70. 000/bulan
Alat catat Rp 70. 000/bulan
Transportasi lokal Rp 100. 000/bulan
Foto copy postingan Rp 10. 000/bulan
Berlangganan e-mail Rp 50. 000/bulan
Tunjangan penelitian untuk S2 Rp 6. 500. 000
Tunjangan penelitian untuk S3 Rp 12. 000. 000 2. Komponen yang dibiayai oleh lembaga atau mungkin pemerintah daerah asal peserta :
Transportasi serta akomodasi sepanjang seleksi
Ticket domestik pergi – pulang dari kota asal ke kota tempat diklat serta sebaliknya
Tunjangan peletakan awal sepanjang minimum lima hari
Adapun pembagian komponen-komponen pembiayaan berbarengan jenis IV yaitu seperti berikut : 1. Komponen yang dibiayai oleh Pusbindiklatren :
Cost kuliah sesuai sama program studi
Tunjangan penelitian Rp 6. 500. 000/bln 2. Komponen yang dibiayai oleh lembaga atau mungkin pemerintah daerah asal peserta :
Transportasi serta akomodasi sepanjang seleksi
Ticket domestik pergi – pulang dari kota asal ke kota tempat diklat serta sebaliknya
Tunjangan peletakan awal sepanjang minimum 5 hari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar