Minggu, 20 Juli 2014

Adopsi Bendera Belanda

Belanda (Koninkrijk der Nederlanden) mempunyai makna nama ‘Kerajaan Tanah-tanah Rendah’. Belanda berbatasan dengan Jerman di samping timur, Belgia di selatan, serta Laut Barat di samping barat.
Kata Belanda dalam bhs Indonesia ini sebenarnya penyesuaian dari bhs Portugis, yakni holanda-olanda-wolanda-bolanda- serta hingga pada akhirnya terbentuklah kata ‘Belanda’.
Histori Belanda
Negara dengan julukan kincir angin, terompa kayu, tulip serta tanggul (djik) ini terhitung negara yang padat penduduknya. Ibu kota Belanda yaitu Amsterdam. Sedang kota populer di Belanda, yakni Den Haag adalah tempat tempat tinggal Ratu Belanda.
Dibawah kekuasaan pemerintahan Karel V, Belanda sempat juga dijuluki untuk Republik Tujuh Propinsi (Republiek der Zeven Provinciën). Pada era ke-17, republik ini jadi penguasa penjelajahan laut serta ekonomi. VOC bermula dari saat ini, hingga umum dimaksud juga untuk Zaman Keemasan.
Belanda sempat masuk ke dalam Kekaisaran Prancis oleh Napoleon Bonaparte. Pada th. 1815, Belanda didirikan dengan mencakup dua lokasi yang saat ini di kenal untuk Belgia serta Luxemburg. Kemerdekaan diperoleh Belgia pada th. 1830. Sesaat Luxemburg berpisah sesudah kematian Raja Willem III. Era ke-19, Belanda bisa menyetarakan kedudukannya untuk negara industri dengan negara-negara yang lain.
Saat Perang
Seperti di ketahui bahwasanya Belanda yaitu negara netral waktu berlangsung Perang Dunia I serta Perang Dunia II. Namun Belanda ditaklukkan oleh Nazi waktu Perang Dunia II pada th. 1940. Automatis, pada saat itu Belanda dikuasai oleh Nazi.
Belanda terhitung negara maju sesudah perang Perkumpulan Bersenjata Era ke-21 (The 21 st Century Army Grup) yang melakukan operasi militer untuk membebaskan Belanda selepas pertentangan oleh warga Normandy, Inggris, Kanada, Polandia, serta Amerika pada th. 1944 di Belanda.
Tetapi, pada th. 1945, Belanda lalu dibebaskan. Setelah perang tersebut, Belanda malah alami puncak perkembangan. Dapat dibuktikan dengan Belanda jadi anggota Benelux, Komune Eropa, NATO, serta adalah negara perintis organisasi itu pada th. 1992.
Bendera Belanda
Sepintas, bendera Belanda memanglah serupa dengan bendera Indonesia. Ketidaksamaannya cuma terdapat pada warna biru dibagian bawah bendera Belanda.
Ini dapat pernah jadi persoalan untuk pejuang Indonesia yang waktu itu merobek bendera Belanda, seakan-akan bendera Indonesia yang berkibar pada 19 September 1945 di Surabaya pada insiden bendera. Beberapa pemuda waktu itu demikian semangat dalam memperlancar tindakan itu, lantaran mereka bendar-benar jengkel dengan berkibarnya bendera Belanda diatas Hotel Yamato di jalan Tanjungan.
Oleh karena itu, tidak aneh bila bendera Indonesia berwarna merah serta putih. Merah yang bermakna berani serta putih bermakna sejati atau suci. Indonesia dijajah oleh Belanda sepanjang 350 th., hingga tak menuntut kemungkinan bahwasanya warna bendera Indonesia adalah adopsi dari bendera Belanda.
Dapat dibuktikan dari makna filosofi dari warna merah serta putih dari bendera Belanda yang sama dengan Indonesia. Merah berarti berani, putih bermakna suci atau sejati, serta biru maknanya yaitu menentramkan. Adopsi suatu arti memanglah telah umum berlangsung. Tiap-tiap manusia pasti mengerjakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar